Sekering atau yang akrab kita sebut Sekring, dalam bahasa Inggris FUSE merupakan sebuah konduktor logam yang didesign/dirancang khusus untuk meleleh ataupun melebur ketika arus listrik yang mengalir ke dalam sirkuit atau rangkaian listrik melebihi batas aman yang dimiliki sekring itu sendiri.

Pengertian Sekring/Sekering

Kata sekring atau sekering berasal dari bahasa Belanda yakni Zekering ialah merupakan suatu alat yang dipergunakan sebagai pengaman dalam suatu sirkuit atau rangkaian kelistrikan apabila terjadi kelebihan muatan listrik atau ketika terjadi hubungan singkat (hubungan arus singkat). Didalam rangkaian elektronika sendiri sekring biasa ditulis FUSE

Fungsi Sekring/Sekering

Saya kira semua sudah paham apa kegunaan dari sekring ini, namun tak ada salahnya saya ulas kembali apa fungsi sekring itu. Diatas tadi sudah saya tulis juga kegunaan dari sekring yakni : Sebagai pengaman dalam suatu sirkuit atau rangkaian kelistrikan apabila terjadi kelebihan muatan listrik atau ketika terjadi hubungan singkat (hubungan arus singkat).

Gambar Sekring/Sekering dan Simbolnya

Contoh gambar sekring:

Sekring otomotif
Sekring kaca

Gambar Simbol Sekring:

Penggunaan Sekring/Sekering

Dalam kehidupan sehari-hari dapat kita temukan dengan mudah contoh pengaplikasian sekring diantaranya: Dirumah, di televisi, radio, dvd  dan selain itu sekring juga digunakan dalam bidang otomotif seperti motor serta mobil.

Sumber : http://blogelektronikadi.blogspot.com/2013/12/pengenalan-sekring-atau-sekering.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *