Simbol-Simbol Pneumatic dan Fungsinya
 
 
Simbol-Simbol Pneumatic dan Fungsinya – Untuk membuat sebuah mesin yang memiliki sistem pneumatic pasti pada awalnya harus membuat rangkaian sistem terlebih dahulu. Untuk membuat sistemnya bisa menggunakan Software Pneumatic yang di buat oleh FESTO. Banyak simbol-simbol yang terdapat pada Software tersebut. Mungkin kamu belum tau kegunaan simbol-simbol tersebut dan bagai mana cara membuatnhya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai Simbol-Simbol Pneumatic dan Fungsinya. Untuk lebih jelasnya, yuk simak artikel berikut ini.
 
KATUP KONTROL ARAH (KKA)
Katup kontrol arah adalah alat atau instrumentasi pneumatic yang berfungsi untuk Switch / Saklar aliran udara. Pensaklaran yang diaplikasikan memiliki banyak sistem, diantaranya yaitu memakai Coil Solenoid, Penggerak tangan atau penggerak yang menggunakan mekanik lain. KKA difungsikan sebagai serangkaian fungsi logika atau timer pneumatic. Untuk penggambarannya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
 
1. Simbol
Untuk cara membacanya sendiri pada simbol katup pneumatic bisa dilihat sebagai berikut ini :
 
 
Pada simbol diatas merupakan dasar dari simbol KKA, kotak katup ini memiliki fungsi sebagai pengontrol arah angin yang akan disalurkan. Untuk menyalurkannya tergantung dengan kondisi katup yang di inginkan, ada yang membutuhkan NO (Normaly Open) atau NC (Normaly Close). Untuk simbol – simbolnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini :
 
 
Gambar di atas merupakan contoh simbol dari KKA yang memiliki jalur anginnya masing-masing, Pada simbol diatas belum teramasuk dengan simbol-simbol yang dapat menggeserkan katup tersebut.
 
2. Penomoran Pada Lubang
Sistem pneumatic yang digunakan untuk menandai KKA sesuai dengan DIN ISO 5599, Sistem huruf terlebih dahulu digunakan dan sistem penomorannya dijelaskan sebagai berikut ini :
 
3. Metode Pengaktifan
Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, pada gambar simbol yang pertama diatas merupakan contoh dasar dari Katup, untuk menggerakan sebuah katup kontrol arah (KKA) maka dibutuhkan sebuah pengaktifan. Jenis pengaktifan bervariasi, seperti secara mekanis, pneumatic, elektrik dan kombinasi dari semuanya. Pada simbol pengaktifannya sudah diuraikan dalam standar DIN 1219 berikut ini penjelasan simbolnya :
 

 

 
Contoh diatas merupakan simbol dari pengaktifan pada KKA (Karup Kontrol Arah). Sedangkan pada gambar dibawah merupakan contoh simbol dari KKA yang sudah menggunakan pengaktifan untuk menggeserkan katupnya.
 
 
Dibawah ini merupakan bentuk dari KKA yang sudah ada pengaktifan penggeser katup, yaitu Solenoid Valve / Katup Kontrol Arah.
 
Solenoid Valve
 
 
ACTUATOR CYLINDER
Actuator cylinder adalah sebuah katup yang digunakan untuk menggerakan beban berat. terdapat 2 jenis yang digunakan pada silinder pneumatic, yaitu Single Acting Cylinder dan Double Action Cylinder. Pada Single Action Cylinder satu sisi digerakan oleh udara bertekanan, sedangkan sisi lainnya digerakan menggunakan pegas. Untuk Double Action Cylinder ke dua sisinya digerakan oleh udara bertekanan. Untuk simbol dari keduanya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
 
single action cylinder
Single Action Cylinder

 

double action cylinder
Double Action Cylinder
Untuk lebih jelasnya mengenai simbol Actuator Cylinder yang lebih lengkap, bisa dilihat pada gambar dibawah ini :
 
 
Pada gambar dibawah ini merupakan bentuk dari silinder pneumatik yang biasa digunakan untuk memindahkan barang atau sebagai penggerak pada robot arm, penggunaan silinder pneumatik sering digunakan di industri-industri untuk memenuhi kebutuhan Production.
 
 
 
CHECK VALVE 
Check Valve merupakan valve dengan mekanisme nonreturn, sistem pegas dan katupnya hanya digunakan untuk mengaliri udara dengan satu jalur. Check valve difungsikan sebagai pengaman pada rangkaian pneumatic. Untuk simbolnya sendiri bisa dilihat pada gambar dibawah ini :
 
 
Untuk bentuk aslinya pada check valve bisa dilihat pada gambar dibawah ini :
 
 
VALVE KHUSUS
pada pengaplikasian valve khusus biasanya menggunakan valve OR, valve AND, valve quick exhaust, flow control valve, regulator control valve. Pada valve OR memiliki fungsi kerja OR dimana bila salah satu inputannya aktif maka output akan aktif. Kemudian ada valve AND, pada valve AND bekerja dengan cara ke dua input harus aktif kemudian output akan aktif. Valve quick exhaust untuk melakukan pembuangan udara dengan cepat bila input tanpa udara dan masih banyak lagi cara kerja dari valve-valve khusus. Untuk simbolnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
 
 
SISTEM SUMBER UDARA PNEUMATIC
Pada sistem udara pneumatic merupakan sebuah perangkat yang menghasilkan udara pneumatic beserta perangkatnya yang ada pada jalur udara pneumatic. Penyedia udara/kompressor adalah mesin yang menghasilkan udara bertekanan dengan tekanan kerja yang dicapai sebesar (2,5 ~ 7 bar). Kemudian terdapat Filter yang digunakan untuk menyaring tekana  udara yang akan di salurkan ke rangkaian pneumatic. dan masih banyak lagi “sistem sumber udara pneumatic”.  Untuk simbol dan fungsinya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
 
 
Oke, mungkin cukup sekian pembahasan kita mengenai simbol-simbol pneumatic dan fungsinya. Jika kurang jelas bisa comment pada kolom dibawah atau ada saran yang mungkin kedepannya bisa dijadikan referensi untuk saya atau pengunjung blog. Jangan lupa berkunjung artikel yang lainnya ya. See you and stay classic !
 

sumber : https://siddix.blogspot.com/2018/12/simbol-simbol-pneumatic-dan-fungsinya.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *